Halaman

Menggunakan Dropbox untuk Backup Web Otomatis

Kali ini kita akan membicarakan cara (Otomatis) Backup Website Anda ke Dropbox.

Sebagai pemilik website, salah satu hal yang lebih penting yang harus Anda lakukan adalah untuk backup website secara teratur. Kebanyakan penyedia web hosting akan memungkinkan backup harian atau mingguan, terutama untuk tujuan pemulihan bencana mereka saja. Jika Anda ingin secara pribadi mengawasi cadangan dari situs web Anda, Anda bisa melakukannya sendiri menggunakan fungsi Backup dalam hosting control panel seperti cPanel, Plesk dan DirectAdmin. Sebagai webmaster atau pemilik domain, Anda bertanggung jawab untuk tugas ini.

Backup yang baik harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Backup data anda sesering mungkin.
  • Berikan prioritas tinggi untuk data penting seperti database dan web isinya. Cobalah untuk mengecualikan file sementara.
  • Backup Anda TIDAK harus disimpan dalam server yang sama.
  • Backup Anda harus dapat diambil dan dapat diakses kapan saja, di mana saja.
  • Anda harus mendapatkan pemberitahuan untuk setiap status cadangan yang telah dijadwalkan.
  • Backup Anda harus dikompresi, jika ruang disk atau bandwidth adalah kekhawatiran Anda.

Sebaiknya Anda dapat memiliki satu server FTP Anda untuk menyimpan cadangan dari jarak jauh. Tapi, bagaimana jika server FTP sedang down ? Bagaimana kita bisa mengotomatisasi tugas backup dengan akses terbatas ke server? Bagaimana Anda bisa yakin bahwa ketersediaan itu selalu ada? Penyimpanan Cloud adalah jawabannya.

Penyimpanan Cloud menjadi cara terbaik untuk menyimpan file. Penyedia populer seperti Amazon S3, Dropbox, iCloud dan Box.net menawarkan fasilitas ini secara gratis dengan beberapa keterbatasan. Tapi, tak satu pun dari mereka yang mendukung FTP sebagai media untuk mentransfer sementara hampir semua penyedia webhosting hanya memungkinkan metode transfer ini.

Backup Box
Di sinilah Backup Kotak masuk Backup Box membantu Anda aman mentransfer apapun pada server FTP ke akun Dropbox Anda. Sebenarnya, Backup Box dapat mengintegrasikan akun FTP Anda dengan penyedia penyimpanan awan seperti Amazon, GitHub, Box.net dan Flickr juga. Pada saat ini, hanya integrasi Dropbox didukung sementara yang lain masih dalam pengembangan. Hal ini bebas untuk digunakan, dengan fitur terbatas seperti jadwal backup bulanan dan jadwal segera transfer. Dalam posting ini, kita berfokus pada mempersiapkan data backup untuk backup mingguan sementara berjalan pada server cPanel.



Kita dapat menggunakan alat ini dengan berbagai cara pelaksanaan seperti
  1. Langsung menyalin direktori web menggunakan FTP dan mentransfer ke Dropbox (dikompresi) atau 
  2. Membuat backup terkompresi (cPanel backup) dan menggunakan FTP untuk mengambil cadangan untuk Dropbox.

Sebelum kita lanjutkan dengan tutorial, pastikan bahwa Anda telah mengikuti informasi yang diperlukan :

  • Sebuah account FTP yang dipetakan ke direktori web Anda. Dapatkan dari control panel hosting Anda.
  • Sebuah account Dropbox. Anda dapat mendaftar di sini secara free.
  • Sebuah account Backup Box . Anda dapat mendaftar di sini secara free.

Direktori web > FTP > Dropbox

Karena database juga penting, kita perlu mempersiapkan backup database dan memasukkannya ke dalam direktori web kita. Jika Anda berjalan di Linux hosting, Anda dapat menggunakan scheduler tugas yang disebut tugas cron dengan beberapa bantuan dari mysqldump. Dalam cPanel, itu terletak di bawah cPanel > Advanced > Cron jobs.

Mari kita gunakan data berikut sebagai contoh :


Web directory path: /home/username/public_html  
cPanel username: mycpanel  
cPanel password: mypass123$ 

Buat tugas cron mingguan baru dan gunakan perintah berikut :

mysqldump --opt -Q -u mycpanel -p'mypass123$' --all-databases > /home/username/public_html/databases.sql
Inilah Contoh :


Ini akan membuat file backup SQL yang mencakup semua database dalam akun cPanel Anda. Login ke Backup Box. Pada panel sebelah kiri, login ke account FTP dengan mengklik icon 'gear'. Pada panel sebelah kanan, login ke account Dropbox Anda.

Anda dapat memilih transfer public_html sebagai folder di transfer Options. Ini akan mentransfer seluruh folder public_html termasuk semua file ke account Dropbox Anda. Sekarang Anda dapat memulai transfer segera dengan mengklik Review. Ini akan mentransfer folder public_html ke Dropbox.
Setelah selesai, Anda dapat membuat jadwal bulanan untuk mengotomatisasi tugas cadangan ini bulanan. Cukup klik Monthly > select Date and Time > Finalize dan Run.

Catatan : Jika Anda ingin menggunakan backup mingguan atau harian, Anda perlu meng-upgrade langganan Anda sebagaimana tercantum dalam situs web. Jangan lupa untuk mengubah pengaturan cron jobs didasarkan pada saat Anda ingin jadwal cadangan untuk terjadi.


cPanel backup > FTP > Dropbox

Hal yang baik tentang cPanel adalah Anda dapat menghasilkan cadangan Anda sendiri secara otomatis menggunakan cPanel API. Dalam hal ini, kita akan menggunakan script PHP untuk menjalankan pada jadwal untuk menghasilkan cadangan. Karena lokasi backup harus eksklusif untuk Backup Box, kita perlu membuat account FTP yang dipetakan ke folder backup baru.

Pergi ke cPanel > FTP dan buat account FTP sebagai screenshot di bawah ini. Jangan membuat direktori FTP di bawah public_html karena dapat diakses publik melalui web browser (kecuali jika Anda melindungi direktori dengan password):


Kita harus menggunakan PHP dengan cPanel API untuk memicu proses backup. Download file ini (cpanel-php-backup.zip) dan unzip. Anda akan melihat 2 file, cpanel-backup.php dan xmlapi.php.inc. Ubah semua informasi yang diperlukan di dalam cpanel- backup.php seperti di bawah ini :


// Credentials for cPanel account  
$source_server_ip = ""; // Server IP or domain name eg: 212.122.3.77 or cpanel.domain.tld  
$cpanel_account = ""; // cPanel username  
$cpanel_password = ""; // cPanel password  
  
// Credentials for FTP to Backup Box  
$ftpacct = ""; // FTP account  
$ftppass = ""; // FTP password  
$email_notify = ''; // Email address for backup notification 
Simpan file dan meng-upload kedua file ke dalam direktori public_html Anda menggunakan FTP. Anda dapat mulai menghasilkan cadangan dengan mengakses file PHP langsung melalui browser, yang biasanya http://www.yourwebsite.com/cpanel-backup.php.

Dalam rangka untuk mengotomatisasi penciptaan cadangan cPanel, kita perlu men-setup sebuah tugas cron mingguan ke cPanel dan menggunakan perintah berikut :

php -q /home/username/public_html/cpanel-backup.php

Berikut adalah contoh :


Login ke Backup Box. Pada panel sebelah kiri, login ke account FTP (menggunakan kotak cadangan akun FTP) dan di panel kanan, login ke account Dropbox Anda :


Karena kita menyimpan file backup ke dalam folder khusus, kita hanya bisa mentransfer isinya. Pilih Transfer only the contents of / di transfer Options sebagai metode transfer.

Sekarang Anda dapat memulai transfer segera dengan mengklik Review. Ini akan mentransfer folder public_html ke Dropbox. Setelah selesai, Anda dapat membuat jadwal bulanan untuk mengotomatisasi tugas cadangan ini bulanan. Cukup klik Monthly > select Date and Time > Finalize and Run..

Catatan :
Jika Anda ingin menggunakan backup mingguan atau harian, Anda perlu meng-upgrade langganan Anda sebagaimana tercantum dalam situs web. Jika Anda melakukannya, jangan lupa untuk mengubah pekerjaan cron pengaturan sesuai dengan jadwal backup Anda . Hal lain, script PHP akan menghapus semua backup cPanel sebelumnya sebelum menghasilkan backup baru. Hal ini untuk memastikan cadangan Anda tidak akan memakan banyak ruang disk.

Sumber

Adsense1

PERHATIAN ....!!
Software Gratis (Freeware) hanya menyediakan link download untuk freeware yang Anda cari, Kami tidak menyimpan file di server kami dan kami tidak bertanggung jawab atas konten situs pihak ketiga. Harap dicatat bahwa Men-download file berhak cipta tanpa izin adalah ilegal