Halaman

Android, terlepas dari semua upaya optimasi oleh Google, cenderung melambat seiring penggunaan dari waktu ke waktu. Runtime ART baru terbukti lebih baik daripada mesin Dalvik lama dalam kinerja, tetapi tentu saja, itu tidak dapat menghentikan aplikasi dari membuat file sampah yang memakan sumber daya berharga dari perangkat Android Anda.

Hal ini menyebabkan kinerja sistem terpukul. Saat itulah Anda harus membawa aplikasi peningkatan kinerja untuk menjalankan beberapa tugas optimasi atau pemeliharaan. Yang pertama membutuhkan pengosongan penyimpanan, mencegah perlambatan dan mempercepat operasi.

Berita baiknya adalah ada banyak aplikasi Android untuk setiap jenis tugas perawatan seperti pembersihan cache, optimalisasi boot-up, peningkatan kecepatan prosesor, aplikasi hibernasi, pembatasan data latar belakang dan pengaturan perangkat ke mode hemat daya. Berikut adalah 10 pengoptimal Android terbaik di luar sana.


1. Android Assistant


Android Assistant dapat digunakan untuk membersihkan cache dan data sementara lainnya, memblokir aplikasi startup yang memperlambat startup ponsel, dan menginstal beberapa APK atau menghapus banyak aplikasi sekaligus tanpa gangguan manual.

Anda juga dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk memberikan lebih banyak ruang kosong ke penyimpanan internal perangkat Anda dan mengaktifkan fitur penghemat baterai untuk menghemat jus baterai dan memperpanjang masa pakainya. Aplikasi itu sendiri ringan, dan tidak akan menyumbat banyak sumber daya perangkat Anda.
Aplikasi Sejenis: Smart Task Manager | Booster for Android

2. ROM Toolbox Lite


ROM Toolbox Lite adalah pisau Swiss Army Anda - paket lengkap yang menawarkan berbagai alat penting untuk mengelola Android Anda. Dapat digunakan untuk membuat cadangan dan memulihkan aplikasi, mengubah font sistem, mengelola file, dll

Versi premiumnya membuka fitur tambahan seperti pencari aplikasi, pembersih cache, pengontrol prosesor, pengoptimal penyimpanan, dll. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola aplikasi dan melakukan berbagai penyesuaian dalam sistem, yang akan meningkatkan kinerja perangkat dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.
Aplikasi Sejenis: Device Control

3. 3C Toolbox


3C Toolbox adalah alat manajemen perangkat all-in-one yang memungkinkan pengguna untuk mengubah dan mengontrol perangkat lunak serta perangkat keras. Beberapa fitur dan alat yang terintegrasi adalah Kontrol CPU, Tweaks Layar, Manajemen RAM, Kalibrasi Baterai, Pengoptimal Sistem, dll.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau proses latar belakang, penggunaan sumber daya, pengaturan perangkat keras, dan mengubah pengaturan sesuai untuk mendapatkan kecepatan dan kinerja yang lebih baik.
Aplikasi Sejenis: System Tuner | My Android

4. Clean Master


Clean Master adalah serba bisa untuk melakukan banyak tugas optimasi. Aplikasi ini memiliki banyak alat pemeliharaan seperti antivirus, penguat memori, manajer aplikasi, penghancur file dan pembersih file sampah. Clean Master dapat digunakan untuk memeriksa file berbahaya dan aplikasi yang dapat menghabiskan sumber daya dan menyebabkan aplikasi hang atau crash.

Itu dapat membersihkan file sampah dan sementara, dan bahkan meningkatkan memori untuk kinerja yang lebih baik dan meningkatkan masa pakai baterai. Aplikasi ini juga dapat merobek file dan folder penting dari perangkat Android Anda sehingga tidak akan jatuh ke tangan yang salah.
Aplikasi Sejenis: Antivirus Booster & Cleaner | Fast Clean/Speed Booster

5. DU Speed Booster



DU Speed ​​Booster adalah aplikasi yang sangat praktis dan mudah digunakan - ia menawarkan desain yang indah dengan fitur yang bermanfaat. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat yaitu memory booster, trash cleaner, akselerator ponsel, booster game dan pengukur kecepatan jaringan.

Ini menggunakan mesin aktif untuk memantau dan membebaskan sumber daya saat diperlukan, misalnya, ketika Anda membuka aplikasi yang haus sumber daya seperti Facebook. Booster gimnya dapat digunakan untuk memberikan FPS yang lebih baik dan pengalaman bermain yang lebih baik. Selain itu, akselerator telepon bersama dengan pembersih sampah meningkatkan kinerja.
Aplikasi Sejenis: Android Speed Booster | Devices Speed Up for Android

6. 360 Security



360 Security adalah solusi keamanan multi-fitur. Aplikasi ini memeriksa malware dan berbagai file berbahaya lainnya yang mungkin tersembunyi jauh di dalam sistem perangkat Android Anda dan menyingkirkannya untuk Anda. Itu juga dapat membersihkan cache dan data sementara yang diakumulasikan oleh aplikasi yang diinstal.

Ini membebaskan ruang untuk data Anda, dan lebih penting lagi, menghapus file berbahaya yang dapat mencegah perangkat Anda memberikan pengalaman terbaik. Hasilnya adalah pengalaman Android yang lancar dengan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.
Aplikasi Sejenis: CM Security Antivirus | AVG Antivirus Security.

7. Greenify


Greenify adalah pengoptimal perangkat pilot otomatis yang ringan. Ini hibernasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan dengan demikian membebaskan sumber daya yang berguna, mempercepat telepon dan meningkatkan masa pakai baterai. Aplikasi memantau aplikasi yang sedang berjalan, dan hibernasi aplikasi yang menggunakan memori dan baterai tingkat tinggi.

Bahkan memblokir akses jaringan ke proses latar belakang. Aplikasi ini gratis; namun, fitur tambahan seperti tidur nyenyak, dan tunjangan berkala akses jaringan ke aplikasi yang berhibernasi dapat dibeli.
Aplikasi Sejenis: Cooler Master | Hibernation Manager

8. CCleaner


CCleaner, pembersih favorit untuk desktop, juga sekarang tersedia untuk Android. Ini memungkinkan pengguna untuk membersihkan file cache, menghapus duplikat, menghapus aplikasi, membersihkan log panggilan dan SMS, dan memonitor sumber daya sistem. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membersihkan dan mengoptimalkan data pada perangkat, dan akibatnya meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, Anda dapat membersihkan item clipboard dan catatan riwayat lainnya yang cenderung memperlambat ponsel. Hasilnya menjadi perangkat responsif yang cepat dan lebih baik.
Aplikasi Sejenis: The Cleaner – Booster & Cleaner | System Cleaner for Android

9. App MGR III


Aplikasi MGR III adalah aplikasi hybrid yang terdiri dari manajer aplikasi dan pembersih cache. Aplikasi ini menggunakan Desain Bahan Google untuk menyediakan antarmuka yang elegan dan ramah pengguna. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan data cache dari semua aplikasi dalam sekali jalan - tidak perlu lagi banyak pilihan dan ketukan.

Aplikasi ini juga menyediakan wawasan ruang penyimpanan yang berguna tentang aplikasi yang diinstal sehingga Anda dapat dengan mudah memonitor data yang disimpan oleh aplikasi Anda. Ini juga menawarkan versi berbayar, yang menyediakan lebih banyak fitur seperti tema dan penggunaan bebas iklan.
Aplikasi Sejenis: Smart App Manager | Link2SD

10. SD Maid


Pembantu SD berfokus pada merobek-robek file yang tidak perlu pada kartu memori eksternal. Ini menggunakan mesin canggih untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan file sampah, yang dapat memperlambat ponsel atau tab Anda dari waktu ke waktu. Ini membersihkan log dan laporan yang dapat bertahan bahkan setelah menghapus instalasi aplikasi.

Ia bahkan dapat mengoptimalkan database aplikasi yang terinstal, sehingga meningkatkan waktu respons mereka dan membuatnya berjalan lebih cepat dari sebelumnya. SD Maid meningkatkan kinerja perangkat Android Anda dan memberi Anda pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Optimalisasi bukan tugas satu kali. Ini adalah tugas berulang yang perlu dilakukan sesekali untuk mempercepat perangkat. Anda dapat menjalankan tugas pemeliharaan saat dibutuhkan, atau menjalankannya secara berkala untuk menjaga kesehatan perangkat Android Anda. Manfaatkan sepenuhnya daftar ini dan gunakan dua atau lebih aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.
Sumber:hongkiat.com

Adsense1

PERHATIAN ....!!
Software Gratis (Freeware) hanya menyediakan link download untuk freeware yang Anda cari, Kami tidak menyimpan file di server kami dan kami tidak bertanggung jawab atas konten situs pihak ketiga. Harap dicatat bahwa Men-download file berhak cipta tanpa izin adalah ilegal